SEJARAH
PERKEMBANGAN KOMPUTER
Di susun Oleh :
Ø
KHARISMA
411307145
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY
FAKULTAS DAKWAH & KOMUNIKASI
JURUSAN KOMUNIKASI & PENYIARAN ISLAM
BANDA ACEH
JURUSAN KOMUNIKASI & PENYIARAN ISLAM
BANDA ACEH
2014
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum wr.wb.
Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah, yang telah
memberi kita umur panjang sehat badan sehat pikiran sehingga kami dapat
menyelesaikan tugas makalah ini. Salawat dan salam semoga selalu tercurah
kepada Rasulullah Muhammad saw, beserta keluarga, sahabat, dan orang-orang yang
mengikuti beliau hingga hari akhir.
Penghormatan kami kepada dosen
pembimbing kami yaitu bapak mahyuddin,
yang telah memberi kesempatan kami untuk melaksanakan tugas makalah, adapun
judulnya yaitu “sejarah perkembangan komputer”.
Penulis menyampaikan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah ini,
yang telah kira sudinya memberikan saya dorongan dan partisipasi dalam
penyusunan makalah ini, dan juga kesemua pihak yang telah membantu dalam proses
pembuatan makalah ini.
Akhirnya dengan menyerahkan diri kepada Allah SWT dan mohon ridha-Nya,
serta jasa baik dari semua pihak dapat imbalan yang setimpal dan di rahmati
Allah. Penulis mengharapkan kritikan-kritikan yang membangun dari semua pihak
pembaca dan pihak penelaah agar ini lebih sempurna dan lebih bermanfaat bagi
diri pembaca khususnya.
Banda Aceh 31 maret 2015
penulis
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
A.
Latar
belakang
Bayangkan jika Anda memiliki
pekerjaan seperti ini di mana jam demi jam, hari demi hari, hanya untuk
melakukan perghitungan dan perkalian. tentunya rasa bosan akan timbul dengan
cepat dan memicu kecerobohan yang mengarah pada kesalahan. Oleh karena itu
dalam sejarah komputer disebutkan bahwa selama ribuan tahun orang telah memikirkan
untuk alat mekanik yang dapat melakukan tugas perhitungan yang akurat dan dapat
bekerja dengan cepat
Ada yang menyebutkan bahwa Sejarah
Komputer berawal dari 5000 tahun yang lalu ketika
ditemukannya alat hitung pertama. Alat ini disebut abakus atau sempoa.
Alat hitung ini ditemukan pertama kali dalam sejarah Babilonia kuno, berbentuk
belahan papan diatasnya ditaburi pasir sehingga orang bisa menulis atau
menghitung. Oleh karena itu maka alat ini disebut abakus, asal kata dari
bahasa Yunani ABACOS, artinya menghapus debu. Oleh bangsa Cina
mengembangkan abakus ini menjadi 2 bagian. Pada terali atas dimasukkan 2
bijian dan 5 bijian pada terali bawah. bentuk inilah yang
yang populer hingga saat ini untuk melakukan perhitungan aritmatika.
sampai saat ini penemuan Abakus atau sempoa ini dapat
dianggap sebagai awal mula Sejarah
Komputer
Ada pula sumber yang mengatakan
bahwa Sejarah Komputer itu bermula sejak ditemukannya alat mekanik dan
elektronik untuk proses olah data telah dilakukan seiring ditemukannya
alat-alat mekanika dan elektronika (mechanical and electronic) untuk membantu
dalam perhitungan yang cepat. Dari awal dimulainya Sejarah perkembangan
Komputer hingga pengembangan perangkat modern seperti yang kita temui
saat ini adalah suatu evolusi dari penemuan alat mekanik dan elektronik.
Entah mana yang benar sejarah komputer
bermula darimana, yang jelas saat ini komputer tidak lagi sebagai alat
hitung biasa, namun telah memasuki ke segala aspek kehidupan dan pekerjaan.
Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar
perhitungan matematika biasa namu bisa dimanfaatkan diberbagai bidang
pekerjaan, lihat saja penggunaan komputer dibidang kedokteran, misalnya USG CT
Scan dan lainya, di super-super market digunakan di kasir untuk melakukan
billing dengan alat pembaca barcode.
B.
Sejarah computer
Sejarah Komputer mekanik diawali oleh penemuan Blaise
Pascal (1623-1662.), Pada tahun 1642, yang pada waktu itu Blaise
Pascal baru saja memasuki remaja diusia 18 tahun, yang ia sebut sebagai
kalkulator roda numerik (numerical wheelcalculator) untuk membantu ayahnya
dalam melakukan penghitungan pajak. Kotak kuningan ini yang disebut Pascaline,
mempergunakan roda putar bergerigi sebanyak delapan buah, digunakan
untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat
penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahannya jika perhitungan sudah
melebihi 10 digit angka. Dalam Tokoh-Tokoh Sejarah Perkembangan Komputer
menyebut Blaise Pascal adalah orang yang berjasa karena menemukan ide pertama
untuk komputer digital
pada Tahun 1694, seorang saintis matematika dan filosof
Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) menyempurnakan Pascaline
dengan membuat mesin yang mampu melakukan operasi perkalian. Sama seperti
pendahulunya, alat ini tetap bekerja menggunakan roda-roda gerigi. Dengan
mempelajari maha karya Pascal, Leibniz mampu menyempurnakan alatnya.
Dalam Catatan Sejarah Komputer juga menyebut nama
Charles Xavier Thomas de Colmar di tahun 1820, menciptakan mesin yang memiliki
kemampuan melakukan pengoperasian empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator
mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis
dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar
membantu mengukir dengan tinta emas pada Sejarah perkembangan komputer
dengan membangun era komputasi mekanikal.
Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) seorang
profesor matematika berkewarga negaraan Inggris, telah mengakeslarasi
kemajuan Komputer dari abad ke 16 seakan-akan jalan di tempat. Ia memajukan
piranti ini di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang
memungkinkan perhitungan tabel matematika. Menurut catatan Sejarah Komputer,
Babbage menemukan ide mengenai analytical engine pada tahun
1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Orang-orang
yang pesimis menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan
Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal. Charles
Babbage, memperhatikan keserasian alam antara mesin mekanik dan matematika
yaitu mesin mekanik sangat cocok dalam melakukkan tugas yang sama dan
berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika memerlukan repetisi sederhana
dari suatu langkah-langkah tertentu, mesin tersebut dinamakan Mesin
Differensial dengan memakai daya tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan
program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Penemuan Babbage dan Pemikiran-pemikirannya yang terperinci (hasil
penelitiannya) menggambarkan karakteristik Komputer elektronik modern.
Penemuan Babbage ini merupan tonggak sejarah komputer modern
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama satu
dekade, kemudian Babbage terinspirasi untuk membuat komputer
general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage,
dalam pembuatan mesin ini Augusta Ada King (1815-1842) mepunyai peran penting
karena telan membantu merevisi rencana dan mencari pendanaan dari
pemerintah Kerajaan Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical
Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini
memungkinkannya membuat instruksi untuk di input ke dalam mesin dan juga
membuatnya menjadi programmer perempuan pertama. pada tahun 1980, DoD atau
Departemen Pertahanan, Pentagon USA menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan
nama ADA sebagai penghormatan pada Babbage
Mesin uap Babbage tidak pernah rampung dikerjakan,
kelihatan sangat sederhana jika dibandingkan dengan standarisasi mesin
sekarang ini. Meskipun demikian, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari
sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri
dari sekitar 50.000 komponen, Basic desain dari Analytical Engine mempergunakan
Punched Card (berlubang-lubang) yang memuat instruksi operasi bagi mesin
itu.
Penggunaan alat prosessing Data Otomatis oleh The U.S.
Bureau of Cencus tidak merampungkan sensus dari tahun 1880 sampai di
tahun 1888. Pemimpin Bureau lalu menghentikan hal itu sebelum mencapai 10
tahunan. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang pakar statistik
memanfaatkan kepiawaiannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus di tahun
1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s
punched-card machine), sensus dapat dirampungkan dalam waktu 2,5 tahun. pada
saat itulah dimulainya pemrosesan data secara otomatis yang di
torehkan dalam sejarah perkembangan computer
C.
Sejarah computer dari generasi kegenerasi
1)
Sejarah Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
komputer pada generasi pertama lumayan besar segi
ukurannya, Kerangka Utama (Mainframe) saja, hampir sama ukurannya dengan sebuah
kamar tamu. komputer menggunakan Tube vakum untuk memproses dan
menyimpan informasi. Tabung vakum berukuran seperti permen lampu kecil yang
cepat panas dan mudah terbakar, penggunaan daya listrikpun sangat besar. Jumlah
tabung vakum yang diperlukan sangat banyak agar komputer tetap dalam keadaan
stabil
Pada tahun 1946, computer electronik sepenuhnya desain
dari Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert yang mewujudkan ENIAC (Electronic
Numerical Integrator And Calculator). ENIAC memiliki ukuran 140 meter persegi,
dengan ukuran berat 30 ton, menghabiskan daya listrik 130 kilowatt dan 1800
tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, memory tersimpan diluar
dengan memanfaatkan switch & kabel Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert
sekali lagi menciptakan EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
yang mengurangi penggunaan tabung vakum dan lebih efisien dari ENIAC dan
menggunakan Konsep EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)
yang menggunakan raksa dan tabung vakum untuk menyimpan memori yang telah
dibuat. UNIVAC1 (Universal Otomatis Calculator) ciptaan Dr. John
Mauchly dan Prosper Eckert, pertama diluncurkan tahun 1951 adalah
komputer pertama yang digunakan untuk memproses data bisnis.
2) Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Ditemukannya Transistor transistor
sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Tube vakum terganti
oleh transistor pada radio, televisi dan komputer. hal ini
menyebabkan ukuran mesin-mesin elektrik diperkecil, karena penggunaan tabung
telah digantikan oleh transistor dan dioda
Vakum meskipun sifatnya sangat
mudah terbakar. Cara baru untuk menyimpan memori yaitu inti
Magnetik diperkenalkan. Alat ini menggunakan kawat halus yang
dililit. Kemampuan pengelolaan lebih besar. Dan mulai menggunakan bahasa
pemrograman level tinggi yaitu dengan FOTRAN (1954) dan COBOL (1959)
untuk menggantikan bahasa mesin. Minikomputer dihasilkan yang hemat energi dan
harganya pun lebih murah dan lebih kecil dibandingkan dengan komputer
terdahulu. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super
komputer yang bernama LARC dibuat Sprery-Rand dan kompputer yang bernama
Stretch diciptakan oleh IBM. Komputer- komputer ini, yang dikembangkan untuk lab.
energi atom, adan dapat menangani sebagian besar data, sebuah kemampuan yang
sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
3)
Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964-1980)
Pada Generasi ini dimulai sejak IBM (Internatinal
Business Machine) memperkenalkan Sistem/360 yaitu Kerangka Utama yang
mengandung alat-alat yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan pemrograman
pada waktu tersebut. Sistem/360 Program yang tersimpan di dalam komputer
dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada
komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi
penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian
konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Berbagai bahasa pemrograman mulai muncul pada saat itu. Bahasa pemrograman
Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN)
mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit
dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dimengerti
oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur
komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem,
dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan
berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
4)
Sejarah Komputer Generasi Keempat (1980-sekarang)
pada Generasi ke-4 ketika Penelitian dari
microelektronik telah sukses menghasilkan Sirkuit Terpadu atau Chip dimana
ribuan transistor disatukan didalam kepingan segi empat silikon
melalui proses Large Scale Integration. Transistor mulai digantikan oleh Chip
sebagai bahan logika komputer. MicroKomputer merupakan yang terkecil di
dalam Family digital komputer digital mulai diproduksi seperti Apple II, IBM
PC, NEC PC dan Sinclair.
Sistem Operasi komputer mulai berkembang dan Program bahasa
komputer BASIC, Pascal, PL / 1 C dan Logo mulai diperkenalkan. Kebanyakan komputer
dibuat tersedia dengan bahasa secara “binary” di dalam ROM untuk bahasa
BASIC. Bahasa ini merupakan bahasa yang paling populer digunakan pada
Microkomputer. software tambahan juga diperkenalkan untuk membantu solusi
masalah. Pada Generasi keempat ini, Laptop, Notebook, Handheld dan Palmtop, PC
tablet diperkenalkan. karena lebih kecil dari Microkomputer serta mudah
dibawa ke mana-mana. Sistem Jaringan komputer dan jaringan Internet yang luas menggunakan protokol TCP /IP
juga diperkenalkan sebagai jaringan kemitraan informasi secara global. Processor AMD, processor Intel Pentium, Celeron, Pentium II, Pentium 111
dan Pentium 4, Dual Core, core2Duo, Core2Quad Pentium D, Intel atom, Processor
Core i3, core i5 Core i7 mewarnai sejarah perkembangan komputer
supra modern saat ini
4)
GENERASI KELIMA
Generasi computer pada era ini masih bersifat imaginatif
berupa ide atau gagasan, VLSI (Very Large Scale Integration) adalah komponen
yang akan digunakan. Ide Desain pada komputer pada generasi ini
akan akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa
manusia, dan mampu berkomunikasi dengan manusia baca selengkapnya
pada artikel Komputer Masa Depan & Teknologi Komputer Generasi Kelima
.
D.
System operasi computer
Sistem operasi merupakan software
(perangkat lunak) yang digunakan untuk mengatur semua sumber daya dalam
komputer. Tugas atau fungsi sistem operasi misalnya mengontrol penyimpanan data
dan mengatur kerja perangkat keras. Dapat dikatakan bahwa komputer tidak dapat
membantu kerja manusia jika tidak ada sistem operasi. Hal ini disebabkan sistem
operasi adalah tempat meletakkan program aplikasi. Operating System (OS)
merupakan kumpulan dari beberapa perintah atau program pengendalian komputer
yang sudah dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara
kerja dari hardware (perangkat keras) yang mereka miliki.
Tugas Sistem Operasi Komputer
Sistem
operasi (operating system) adanya komunikasi antara pengguna komputer dengan
komputer, sehingga komputer dapat menjalankan instruksi yang diberikan dan
menghasilkan keluaran (ouput) yang diharapkan. Adapun tugas dan fungsi sistem
operasi dalam sistem komputer adalah:
- Mengelola
Program
Dewasa ini komputer menjadi alat
bantu hebat karena komputer mampu menangani beberapa pekerjaan sekaligus. Hal
ini sesuai dengan keinginan pengguna komputer yang rata-rata menggunakan banyak
program aplikasi sekaligus. Pemakaian sumber daya untuk menangani program
aplikasi ditangani oleh sistem operasi. Sistem operasi memungkinkan suatu
program aplikasi tetap berjalan meskipun ada program aplikasi lain yang
mengalami gangguan (error).
- Mengelola
Memori
Kapasitas memori (Random Access
Memory/RAM) sangat terbatas. Misalkan semua kapasitas RAM telah digunakan untuk
menjalankan program aplikasi tetapi pemakai komputer akan menjalankan satu lagi
program aplikasi. Komputer akan menggunakan sebagian kapasitas hard disk untuk
menjalankan program aplikasi tambahan ini. Pengalihan beban kerja dari RAM ke
hard disk dilakukan oleh sistem operasi.
- Menyediakan
Antarmuka Pengguna (User Interface)
Sistem operasi menyediakan sarana
yang dapat digunakan oleh pengguna komputer. Sarana ini digunakan untuk
memerintah komputer. Misalnya saat Kita menggunakan sistem operasi Windows XP.
Sistem operasi ini menyediakan user interface berupa simbol, gambar, atau ikon.
Ikon atau gambar ini dapat Kita klik sehingga komputer melakukan tugas sesuai
keinginan Kita.
Jenis Sistem Operasi Komputer
Di
pasaran tersedia banyak sistem operasi. Kita dapat memilih sistem operasi
LINUX, Microsoft Windows, atau sistem operasi yang lain. Untuk mengetahui
beberapa sistem operasi, simak uraian berikut.
- Sistem
Operasi MS-DOS
Sistem operasi MS-DOS dikembangkan
oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981. Meskipun dirasa kurang populer,
Anda masih dapat menemukan MS-DOS dalam sistem operasi Microsoft Windows. Jika
Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP, MSDOS yang digunakan
berupa versi 5.1.2600. MS-DOS bersifat single tasking.
- Sistem
Operasi Microsoft Windows
Dapat dikatakan bahwa sistem operasi
Microsoft Windows mendominasi dunia komputer. Penggunaan ikon atau gambar
sebagai antarmuka (interface) membuat sistem operasi ini begitu mudah
digunakan. Sistem operasi ini bersifat multitasking dan multiuser. Tidak heran,
sistem operasi Microsoft Windows sangat digemari. Bahkan, hingga saat ini telah
lahir berbagai versi sistem operasi Microsoft Windows
- Sistem
Operasi Mac OS
Mac OS kependekan dari Macintosh
Operating System. Sistem operasi berbasis GUI ini dirilis oleh perusahaan Apple
Computer pada tahun 1984. Saat itu, teknologi Mac OS dianggap paling maju.
Sayang, kehebatan ini tidak dapat dipertahankan. Tahun-tahun berikutnya Mac OS
kalah bersaing dengan Microsoft Windows. Hingga saat ini Mac OS masih
disempurnakan agar dapat bersaing dengan Microsoft Windows.
- Sistem
Operasi UNIX
Sistem operasi UNIX dikembangkan
oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories. UNIX digunakan untuk menjalankan
jaringan komputer. Awalnya UNIX merupakan sistem operasi jenis Command line
interface. Keadaan ini menyulitkan bagi pengguna (user) baru. Untuk memudahkan
penggunaan, sekarang UNIX juga disediakan dalam versi Graphical User Interface.
- Sistem
Operasi LINUX
LINUX merupakan pengembangan dari
UNIX. Sistem operasi ini awalnya dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa
di Finlandia. LINUX yang dibuat pada tahun 1991 kemudian dikembangkan oleh
programmer-programmer di dunia.
E.
Cara kerja computer
Pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan
istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data adalah suatu proses
dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan
lebih berarti, yaang berupa sebuah informasi. Agar komputer dapat digunakan
untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan sebuah
sistem yang yang disebut sistem komputer. Sistem yang dimaksud disini terdiri
atas elemen-elemen yang saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang
dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem tersebut.
1. Pemasukan
(Input)
Tahap
pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada
sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem
komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device)
diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan
untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan
untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer
yang selanjutnya akan diproses.
2. Pemrosesan
(Process)
Pada
tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan
diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang
mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan
(ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi
diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi
yang lebih bermanfaat.
3. Pengeluaran
(Output)
Pada
tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian
diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa
berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik
seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual
melalui monitor ataupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini
adalah, monitor, projector, printer, dll.
- Penyimpanan
(Storage)
Tahap
ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage
device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya.
Jadi, data mentah yang telah diproses tadi dapat disimpan pada media
penyimpanan (Storage device) agar nantinya bisa digunakan kembali sewaktu-waktu
apabila ingin mencetak data tersebut. Pada gambar terlihat dua anak panah yang
saling berlawanan arahnya, ini menunjukan bahwa data dapat disimpan dan diambil
kembali jika dibutuhkan untuk keperluan pengolahan data.
Sebenarnya, pengolahan data ini tidaklah memiliki
ujungnya. Terbukti, dari informasi yang
didapat dari data yang diolah sebelumnya, masih bisa dikembangkan lagi menjadi
sebuah informasi yang lebih bermanfaat lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar